News
Sedang dimuat...

Kader Posbindu Dlingosatu, Menjelaskan .....


Istilah baru dan asing terdengar saat perteman rutin Pokgiat LPMD Dlingosatu, Jumat 7 April 2017. Istilah ini terucap dari seorang Kader POSBINDU Dusun Dlingosatu, Mas Triyono.

Pria ganteng dan gagah ini berasal dari Rt:05 Dlingosatu. Beliau walau masih muda sudah berkiprah sebagai Kader Posbindu Dlingosatu dan Linmas Dlingosatu.

Yuk simak rangkuman penjelasannya :

 
PENGERTIAN POSBINDU
Posbindu adalah kepanjangan dari Pos Pembinaan Terpadu. Kegiatan Posbindu adalah kegiatan yang dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan. Posbindu sebagai kegiatan UKBM (Upaha Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat). 

TUJUAN DAN MANFAAT POSBINDU
Tujuan dan Manfaat dari posbindu adalah meningkatkan kesejahteraan hidup bagi mereka yang sudah berumur, termasuk juga lansia. dan lebih di kedepankan terhadap kontrol PTM (Penyakit Tidak Menular). Biasanya dengan adanya kegiatan posbindu di masyarakat maka mereka yang memiliki penyakit Asam Urat, Diabetes/Gula, DM, dan sebagainya akan dapat terkontrol sehingga derajat hidup mereka akan semakin baik.

JENIS KEGIATAN POSBINDU
Kegiatan yang biasanya sering dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan posbindu di masyarakat ini adalah pemeriksaan fisik, mulai dari urin, darah, berat badan, tinggi badan, lingkar perut. Jika ada keluhan maka bisa dirujuk ke Puskesmas. Setaip kegiatan akan melibatkan puskesmas sebagai pembina.
Selain pemeriksaan ada juga kegiatan seperti senam lansia, arisan, kumpul kumpul bersama sehingga bisa menjadi tempat refershing bagi mereka yang suntuk di rumah. Selain upaya kesehatan fisik mereka juga diajak untuk hidup sehat bersama yang lain dan satu sama lain saling memberikan dorongan untuk  menjaga kesehatan masing masing.

SASARAN KEGIATAN POSBINDU 
Sasaran kegiatan ini adalah orang sehat agar tidak terserang penyakit juga orang mengidap penyakit tidak menular agar tidak menjadi penyakit bahaya.

Dalam paparannya bahwa selama ini kebiasaan buruk yang terjadi di masyarakat adalah kecanduan rokok., bahkan perilaku merokok pada setiap pertemuan merupakan perilaku buruk dari segi kesehatan maupun etika.
 "Hendaknya tokoh masyarakat bisa menjadi teladan yang baik dengan berperilaku hidup sehat, khususnya kebiasaan merokok di tempat umum atau pertemuan warga dihilangkan " ujar Triyono menjelaskan.

Selanjutnya akan diadakan Launching Posbindu Dusun Dlingosatu pada hari Senin, 10 April 2017 di Joglo Dukuh Sena.
Bagikan di Google Plus

Profil DLINGOSATUNEWS

Dusun Dlingo 1 adalah salah satu dusun di Desa Dlingo Giriloji, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Projo Taman Sari Sejahtera Agamis Demokratis yang memiliki potensi alam, budaya,sumber daya manusia yang unggul.

0 komentar :

Posting Komentar

Terimakasih telah berpartisipasi memberikan komentar terbaik anda. Isi komentar di luar tanggung jawab redaksi.